Minggu, 29 September 2013

Kuliah Umum Mendikbud di Universitas Teheran

09/27/2013 (All day)
Teheran-Iran--Salah satu kegiatan Mendikbud M. Nuh dalam kunjungannya di Iran adalah memberi kuliah umum.  Kuliah umum berlangsung di auditorium pertemuan Fakultas Hukum dan Ilmu Politik, Universitas Teheran, Minggu 22 September 2013.  
Di tengah 200 orang yang hadir dalam kuliah umum itu adalah Rektor Universitas Teheran, sekitar 40 dosen dan guru besar dari berbagai universitas di Iran,  serta mahasiswa Universitas Teheran dan mahahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di berbagai kampus di Iran. Dalam kuliah umum ini juga dilakukan dialog interaktif.
Dalam paparannya, Mohammad Nuh antara lain menguraikan tiga sekenario hubungan antara budaya secara global, yaitu dominasi yang kuat atas yang lemah, terjadinya benturan peradaban (clash of civilization) dan konvergensi budaya dan peradaban. "Yang kita inginkan adalah konvergensi budaya. Inilah yang ingin kita bangun dan garap antara kedua negara dan masyarakat kita," ujar Mendikbud.
Untuk menuju konvergensi budaya tersebut, papar M. Nuh, diperlukan pola pikir yang bukan hanya mengandalkan kemampuan bidang ilmu masing-masing (discipline mind),  kreativitas (creative mind), dan mamadukan antara bidang (synthesing mind); melainkan juga perlu mengembangkan cara berpikir yang berlandaskan etika (ethical mind) dan saling menghargai (respectful mind).
Sebelum kuliah umum berlangsung, Mendikbud beramah tamah dengan jajaran Universita Teheran. Kedua belah pihak sepakat mengenai pentingnya peningkatan pemahaman masyarakat kedua negara melalui pembentuk Indonesia Studies di Universitas-Universitas di Iran dan Iran Studies Universitas-Universitas di Indonesia. (PIH/IRIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar