Rabu, 04 Juni 2014

MUI Dukung Usulan Bebas Visa Sesama Negara Islam


Upaya Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam mengembangkan pariwisata syariah di Indonesia mendapat dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Marie Elka Pangestu, yang mengusulkan agar antar sesama negara Islam dapat menerapkan bebas visa, bahkan gratis.

Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, Dr H Anwar Abbas, menyatakan MUI mendukung usulan Menparekraf tersebut. "Pasalnya, bebas atau gratis visa sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan pariwisata syariah di negara-negara Islam," tutur Anwar seperti dikutip Rol, Selasa (2/6/2014).

Apalagi, ujar Anwar, MUI sedang berupaya mengembangkan pariwisata syariah di Indonesia, termasuk membuat regulasinya bersama para pihak terkait, khususnya Kemenparekraf.

MUI, papar Anwar, juga berharap negara-negara Islam lainnya turut aktif membangun pariwisata syariah di negara masing-masing.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia, KH. Ma’ruf Amin, menyatakan bahwa Indonesia sangat berpotensi menjadi negara yang mempunyai objek wisata terbanyak di dunia dengan kebudayaan Islam yang kental.

“Potensi wisata syariah di negara kita besar sekali, salah satu negara dari empat negara yang mempunyai wisata syariah terbesar di dunia. Hanya pengelolaannya yang masih kurang,” ujar Ma’aruf.

Untuk mendukung pengembangan industri wisata syariah, MUI bekerjasama dengan Kemenparenkraf meluncurkan program wisata syariah dengan melakukan sertifikasi hotel halal dan menerbitkan panduan-panduan khusus wisata syariah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar