Minggu, 25 Januari 2015

Manfaat Menghafal Al Quran Ternyata Bisa Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah


Menghafal Al Quran selama ini dianggap menjadi beban, padahal sebenarnya manfaat menghafal Al Quran sangat banyak, salah satunya adalah bisa meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Apa korelasinya? Pada artikel berikut Mizan mengumpulkan fakta menarik tentang manfaat menghafal Al Quran.

Menghafal Al Quran atau lebih dikenal dengan istilah Tahfidz memiliki dua hal yang harus dipenuhi, yakni hafal dalam ingatan dan bisa mengucapkannya kembali di luar kepala tanpa membaca Al Quran atau catatan lain.

Tak banyak sekolah yang menerapkan pelajaran menghafal Al Quran sebagai kurikulum, saat ini mungkin terbatas hanya di Sekolah Islam atau Pesantren. Pendidikan formal dianggap lebih penting daripada menghafal Al Quran, parahnya siswa-siswi biasanya menganggap hafalan Al Quran itu sendiri sebagai beban layaknya mendapat tugas pelajaran formal. Tentu ini menjadi tugas berat bagi Orang Tua dan Guru untuk membiasakan anak didiknya ini untuk menghafal Al Quran.

Banyak yang bisa digali dari proses menghafal Al Quran itu sendiri, mulai dari proses atau cara menghafal Al Quran yang kini bisa dipelajari dengan cara yang menyenangkan, hingga ke manfaat dari belajar dan menghafal Al Quran itu sendiri. Adapun manfaat menghafal Al Quran antara lain adalah:

1 Melatih daya konsentrasi.
2 Menstimulus otak dan tingkat kecerdasan.
3 Terhindar dari kepikunan
4 Menumbuhkan kedisiplinan
5 Paham Quran lebih mendalam
6 Keutamaan dunia dan akhirat
7 Untung dalam perdagangan
8 Mahkota Kemuliaan
9 Meningkatkan derajat
10 Syafaat di hari kiamat
11 Kemuliaan (tasyrif) dari Nabi Muhammad
12 Hubungan Menghafal Al Quran dengan Prestasi di Sekolah
13 dan masih banyak rahasia lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar