Selasa, 21 April 2015

Ini Baru Nasehat Ibu Sejati

Hasil gambar untuk gambar kartun ibu bercadar
Seorang Ibu sedang menasehati anak-anaknya yang sebentar lagi akan menuju medan perang.
"Wahai anak-anakku, kalian telah memilih Islam dengan suka rela. Kemudian kalian berhijrah dengan sukarela pula. Demi Allah, yang tiada Tuhan selain DIA, sesungguhnya kalian adalah putra dari seorang laki-laki dengan seorang wanita. Aku tidak pernah mengkhianati ayahmu, aku tidak pernah menjelek-jelekkan saudara-saudaramu, aku tidak pernah mengubah hubungan shilaturrahmi kalian. Kalian tahu pahala yang disediakan kaum muslimin dalam memerangi kaum kafir. Ketahuilah, kampung akhirat yang kekal itu lebih baik daripada kampung dunia yang akan binasa ini."

Kemudian ibunya, Al-Khansa Radhiyallohu 'anha membacakan ayat suci Al-Qur'an,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.
(QS. Ali Imran: 200)


Kemudian si ibu melanjutkan wasiatnya :
"Jika kalian bangun besok pagi-pagi, insya Alloh dalam keadaan selamat, maka keluarlah berperang. Gunakan pengalamanmu dan mohonlah pertolongan Allah SWT. Jika kalian melihat api pertempuran semakin hebat, masuklah kalian ke dalamnya. Dan dapatkanlah kampung abadi sebagai balasannya."

Berkat dorongan nasehat ibunya, tidak ada rasa takut dalam diri keempat anak Khansa r.ha. tersebut.
Sambil mengayunkan pedangnya, salah seorang anaknya bersyair,
"Wahai saudara-saudaraku, ibu kita yang banyak pengalaman telah memanggil kita semalam dan membekali kita dengan nasehat. Semua mutiara yang keluar darinya sungguh sangatlah berfaedah. Insya Allah akan kita buktikan hari ini."

"Demi Allah, kami tidak akan melanggar nasehat ibu. Nasehatnya wajib ditaati dengan ikhlas dan sepenuh hati. Segeralah bertempur, gempur musuh hingga kalian lihat keluarga kaisar musnah," sahut salah satu saudaranya.

Dalam pertempuran itu, tentara Islam menang telak. Pasukan Persi hanya sedikit saja yang bisa menyelamatkan diri. Sementara itu sebanyak 7 ribu pasukan muslim mati syahid di jalan Alloh dan keempat putra Al-Khansa r.ha. termasuk didalamnya. Semoga kita dapat mengambil ibroh dari kisah ini, insya Alloh semuanya bersedir?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar