Rabu, 07 Oktober 2015

Guru Bagai Pelita

Hasil gambar untuk gambar pelita
Pelita menerangi alam sekitarnya



Seorang pelajar bertanya pada Seniornya : "Kak siapa orang yang pantas dijadikan guru bagiku?" Seniornya menjawab, : "Bergurulah pada orang yang dapat menyelesaikan masalahnya dengan asbab ilmunya itu!". Pelajar manggut-manggut tanda kurang memahami.
Seniornya melanjutkan : "Jika kita berguru pada orang yang tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri berarti kita juga akan menghadapi kenyataan pahit sebagaimana yang di alami guru itu sendiri". maka pelajar itu baru paham dan sejuruh kemudian dia pergi mencari type guru sesuai petunjuk seniornya.

Hari ini banyak orang sekolah sampai perguruan tinggi dengan maksud untuk menjadi guru, namun pertanyaannya dapatkah ia keluar dari kondisi problematika dirinya sendiri, malah banyak yang kwatir banyak guru yang ditimpa banyak masalah bertubi-tubi dan banyak diantaranya yang tidak dapat lolos dari masalah yang membelitnya.

Inti baiknya kita merubah niat dari semula mau mengajar menjadi selalu niat belajar, Barangsiapa yang niat belajar maka apabila dalam prakteknya salah ia mendapat 1 pahala dan satu pengampunan, dan sebaliknya orang yang niat mengajar jika salah ia akan menanggung kesalahan dirinya dan orang yang belajar kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar