Senin, 04 Januari 2016

Si Alim dan Si Awam

Hasil gambar untuk gambar orang buta
Seorang santri menghadap pada gurunya dan mengajukan pertanyaan : Wahai Ustadz, apa beda antara orang alim dan orang awam?.
Pertanyaan yang gampang dijawab namun bagi guru yang berpengalaman ia berfikir mengapa santrinya ini masih bertanya seperti itu. kemudian sang Guru mulai memberikan penjelasan :
"Orang alim itu ibarat Orang punya mata, ia dapat melihat sekelilingnya dengan jelas dan meyakinkan, dan jika ia beramal dengan menggunakan ilmunya maka ia mendapat pahala yang berlimpah ruah, namun jika ia tidak dapat mengamalkan ilmunya maka ia ibarat Orang punya mata tapi tidak punya kaki, ia hanya tahu saja dan tidak dapat mendatangkan hasil apa-apa.". Sang Guru menerangkan dengan panjang lebar.
"Kemudian Orang awam itu ibarat orang punya kaki tapi tidak punya mata, maka ia berjalan tertatih-tatih dan kadang ia harus jatuh kejurang atau masuk selokan segala macam.".
yang bagus jika ada orang alim belum sempat mengamalkan ilmunya sedangkan si Awam giat beramal tidak memiliki cukup ilmu maka alangkah indahnya jika si awam menggendong si alim untuk jadi penunjuk dalam kegelapan si awam.".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar