Minggu, 29 Maret 2015

Harta dibagi Tiga Bagian

Hasil gambar untuk gambar orang bersedekah 
“Dari Abu Hurairoh r.a., Rosululloh saw. bersabda, “Ketika seorang laki-laki berada di padang pasir, dia mendengar suara dari awan, ‘Curahkanlah air ke atas tanah si fulan.’ Setelah itu awan tersebut mulai bergerak ke suatu arah dan menurunkan hujan lebat ke atas sebidang tanah yang keras dan berbatu. Air menggenangi suatu tempat dan mengalir melalui satu saluran. Orang yang mendengar suara itupun mengikuti aliran  air tersebut. Air itu telah sampai ke suatu tempat di mana seseorang sedang sibuk memasukkan air itu ke tanahnya. Dia bertanya kepada orang itu, ‘Siapakah anda?’ Orang itu memberitahukan namanya seperti yang ia dengar dari awan tadi. Pemilik tanah itu kemudian bertanya,  ‘Mengapa anda menanyakan nama saya?’ Dia berkata, ‘Saya mendengar suara dari awan yang daripadanya anda mendapat air, ‘Curahkanlah air kepada tanah si fulan’ Dan nama andalah yang telah saya dengar dari awan itu. Amalan apakah yang telah anda lakukan di tanah ini?’ Pemilik tanah itu menjawab, ‘Karena anda telah menjelaskan semuanya, maka sayapun menerangkannya. Apapun yang saya hasilkan dari tanah ini saya bagikan ke dalam tiga bagian. Satu bagian segera saya sedekahkan di jalan ALLOH, satu bagian saya gunakan untuk keperluan anak isteri, dan satu bagian lagi saya gunakan untuk tanah ini.” (HR Muslim-Misykat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar