Jumat, 04 Oktober 2013

Amerika Shutdown, Apakah Akan Menjadi “The New Sick Man of West”


obama-pusing 
Pekan ini dunia dikejutkan dengan kabar tentang negara adikuasa yakni  Amerika Serikat yang melakukan shutdown pada pukul 00.01 selasa waktu setempat, yakni penutupan terhadap beberapa kantor pemerintahan yang berfungsi sebagai pelayanan publik. Imbasnya tidak hanya terganggunya pelayanan kepada masyarakat publik, namun juga berdampak terjadi nya PHK secara massal, bahkan dilaporkan  800 ribu lebih para pegawai negeri sipil atau PNS di PHK.
Hal ini terjadi bermula ketika Pengajuan anggaran pendapatan dan belanja negara 2013-2014  (APBN) tidak disetujui Parlemen. Tanpa persetujuan ini, berarti kontrak pembayaran dengan pekerja yang digaji pemerintah dengan sistem jam-jaman, dianggap tidak legal.
Penolakan atas rancangan anggaran, terutama yang dijadikan alasan oleh Partai Republik, terkait rencana kebijakan yang dikenal dengan Obamacare. Yakni, jaminan fasilitas kesehatan bagi warga Amerika. Ketua Mayoritas Senat Harry Reid mengatakan bahwa mereka menolak bernegosiasi selama Obamacare masih dijadikan alat ancaman. “Kami tidak akan bernegosiasi dengan pistol di kepala kami,” kata Reid.
Saat ini, Partai Republik menjadi penguasa di Parlemen. Tanpa persetujuan Parlemen, konstitusi Amerika tidak membenarkan Presiden Barrack Obama memutuskan sepihak. Akibatnya kemudian menyebabkan terjadinya shutdown pada beberapa instansi pemerintahan.
Baik Republik dan Demokrat saling menyalahkan atas drama shutdown yang pertama dalam 17 tahun ini. Hal ini akan berdampak pada pemilihan anggota kongres tahun depan, saat kedua kubu berlomba-lomba merebut suara. Namun, berdasarkan survei yang digagas Reuters/Ipsos, sepertiga dari warga Amerika menyalahkan Republikan dalam hal ini, 14 persen menyalahkan Obama dan hanya 5 persen menyalahkan Demokrat. (viva.co.id)
Mengutip pemberitaan di CNN kita bisa melihat mana instansi pemerintahan yang masih buka dan mana yang sudah tutup.
Sumber : http://www.eramuslim.com/berita/analisa/amerika-shutdown-apakah-akan-menjadi-the-new-sick-man-of-west.htm#.Uk5NuFJtjKQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar